3 Contoh Karangan Eksposisi Tentang Kesehatan dan Lingkungan Terbaru | BAHASA INDONESIAKU 3 Contoh Karangan Eksposisi Tentang Kesehatan dan Lingkungan Terbaru | BAHASA INDONESIAKU

3 Contoh Karangan Eksposisi Tentang Kesehatan dan Lingkungan Terbaru

3 Contoh Karangan Eksposisi Tentang Kesehatan dan Lingkungan Terbaru
Contoh karangan eksposisi terbaik

3 Contoh Karangan Eksposisi Tentang Lingkungan - Pada pertemuan sebelumnya admin telah membahas tentang pengertian dan contoh paragraf eksposisi. Untuk perjumpaan kali ini admin akan memberikan contoh karangan eksposisi terbaik tentang Lingkungan. Mari kita simak bersama-sama di bawah ini.

Contoh Karangan Eksposisi 1

Judul:   Lingkungan yang bersih untuk tubuh yang sehat

Lingkungan merupakan hal yang sangat penting yang harus kita perhatikan bersama-sama. Menjaga lingkungan berarti sama saja kita menjaga kesehatan kita. Dalam menjaga lingkungan sangat dibutuhkan partisipasi dari seluruh masyarakat. Bukan untuk kepentingan pribadi namun menjaga lingkungan berarti menjaga kesehatan semua orang. Ada banyak penyakit yang timbul akibat lingkungan yang tercemar antara lain timbulnya penyakit gangguan pernapasan akibat asap kendaraan bermotor, penyakit yang ditimbulkan dari gigitan nyamuk seperti malaria, demam berdarah, cikungunya dan sebagainya, gangguan pencernaan akibat makanan yang tidak steril, penyakit kulit, hingga berbagai jenis penyakit biasa dan berbahaya lainnya. Maka dari itu diperlukan penanganan yang serius agar hal tersebut dapat dihindari.

Kendaraan baik itu mobil, motor dan jenis kendaraan bermotor lainnya merupakan salah satu dari beberapa hal yang berkontribusi besar dalam mencemari udara. Lihat dikota-kota besar seperti di Jakarta yang memiliki puluhan ribu, ratusan ribu hingga jutaan kendaraan yang melintas setiap harinya dan jelas membuat udara yang dihirup bukanlah udara segar lagi melainkan asap kendaraan yang sangat berbahaya bagi manusia. Oleh karena itu dibutuhkan kesadaran masyarakat dalam mengatasi permasalahan ini. Bentuk kesadaran yang dimaksud adalah mengurangi penggunaan kendaraan dan berganti menggunakan angkutan umum yang telah banyak disediakan oleh pemerintah. Dengan begitu lambat laun pencemaran udara akan berkurang meski hasilnya tak selalu instan dan dibutuhkan proses di dalamnya. Pembangunan taman yang difungsikan sebagai paru-paru kota juga dapat mengurangi dampak pencemaran udara. Hal ini jelas membutuhkan partisipasi yang besar masyarakat maupun pemerintah dan pihak-pihak terkait.

Bukan hanya itu saja, ancaman penyakit yang ditimbulkan lingkungan juga datang dari serangga seperti nyamuk. Bagaimana tidak, nyamuk bertelur di air yang nantinya akan berubah menjadi larva dan pada akhirnya akan menjadi nyamuk. Sudah sangat banyak manusia yang terenggut nyawanya akibat gigitan nyamuk. Dari penyakit malaria, demam berdarah, cikungunya dan masih banyak lagi penyakit yang ditimbulkan nyamuk. Hal ini jelas kecerobohan dari manusia yang tidak mau menjaga lingkungannya dengan menyediakan tempat bagi nyamuk untuk berkembang biak. Permasalahan ini perlu ditangani dengan sungguh-sungguh agar nantinya tak ada korban selanjutnya lagi. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan antara lain mengganti atau menguras bak penampungan air setiap seminggu sekali, menutup bak, ember atau jenis penampungan air lainnya dengan rapat agar nyamuk tidak dapat masuk, jangan biarkan ada air yang tergenang, menggunakan lotion anti nyamuk, dan apabila sudah ada gejala tergigit nyamuk berbahaya di atas maka segera bawa kerumah sakit atau klinik terdekat.

Ancaman penyakit yang ditimbulkan oleh lingkungan selanjutnya adalah gangguan pencernaan. Gangguan pencernaan yang dimaksud bisa berupa diare, infeksi saluran pencernaan dan jenis lainnya. Hal ini banyak diakibatkan oleh kuman yang secara tidak disadari menempel pada makanan, bahan makanan, tidak mencuci tangan sebelum makan, penumpukan sampah di lingkungan dan lain sebagainya. Penanganannya utamanya bisa dilakukan dengan menjaga kebersihan lingkungan. Jangan menumpuk sampah terlalu lama, wajibkan cuci tangan sebelum makan pada seluruh anggota keluarga serta tidak sembarangan makan di sembarang tempat. Hal ini memang permasalahan yang cukup kompleks apabila melihat kehidupan masyarakat Indonesia saat ini yang masih berada pada tingkat kemiskinan yang tinggi. Namun jika ada kemauan pasti semua bisa dilakukan dengan mudah.

Ancaman penyakit terakhir yang ditimbulkan lingkungan adalah penyakit kulit serta penyakit berbahaya lainnya. Sebetulnya hal ini tidak jauh berbeda dengan paragraf sebelumnya yang menjelaskan tentang penyakit kulit. Kebersihan memang faktor utama dalam menjaga kesehatan baik itu kebersihan lingkungan ataupun kebersihan tubuh. Tubuh yang tidak bersih akan mengakibatkan banyak hal seperti gangguan pada kulit seperti gatal-gatal hingga yang paling berbahaya adalah kanker kulit. Tubuh manusia memang memiliki antibodi yang tangguh dan dapat melawan jenis bakteri apapun. Namun jika tubuh kita terserang penyakit, kuman, bakteri secara terus menerus maka akan melemahkan antibodi yang ada pada tubuh manusia dan pada akhirnya lambat laun akan terserang penyakit. Maka dari itu menjaga kebersihan tubuh sangat penting sekali demi menjaga tubuh agar tetap sehat.

Contoh Karangan Eksposisi 2

Judul:   Tanaman Obat Keluarga

Tanaman obat keluarga merupakan salah satu bentuk kepedulian kepada lingkungan dan juga berpengaruh besar pada kesehatan. Tanaman obat keluarga adalah tanaman obat yang ditanam pada sebidang tanah, kebun, halaman yang pada hakekatnya dapat manfaatkan untuk kebutuhan keluarga maupun masyarakat lingkungan. TOGA singatan dari tanaman obat keluarga sudah sejak lama dilakukan oleh manusia hingga turun menurun kepada kita semua saat ini. Namun mirisnya banyak sekali orang yang memiliki lahan luas namun membiarkannya begitu saja tanpa di tanami apapun. TOGA selain dapat digunakan sebagai obat juga dapat memicu timbulnya usaha kecil menengah karena pada dasarnya tanaman obat banyak yang diperjual belikan sebagai jamu tradisional. Lalu apa dampaknya bagi lingkungan? serta apa keuntungan menanam tanaman obat?

Tanaman obat memiliki dampak yang positif terhadap lingkungan antara lain dapat merangsang orang terdekat baik itu tetangga, saudara untuk menanam tanaman obat di halamannya, sebagai penanganan pertama ketika ada keluarga yang sakit, sebagai sumber pemasukan tambahan, meminimalkan tempat yang dapat berpotensi terdapat sampah dan berbagai manfaat lainnya. Itu semua hanya akan terwujud dengan kemauan yang keras dari masing-masing anggota keluarga sehingga dapat menyebar ke lingkungannya.

Saat ini banyak program untuk keluarga yang telah diupayakan oleh pemerintah antaranya adalah program "Pemanfaatan Lahan Pekarangan". Dalam program tersebut pemerintah menggandeng instansi terkait serta organisasi-organisasi dan juga mahasiswa. Organisasi seperti PKK saat ini yang anggotanya merupakan ibu-ibu juga sedang gencar-gencarnya mengajak masyarakat untuk memanfaatkan lahan pekarangannya baik itu yang luas maupun sempit yang terpenting ada kemauan. Salah satu tanaman unggulannya adalah tanaman obat yang memang sangat dibutuhkan masyarakat. Maka dari itu sesungguhnya sudah banyak kemudahan-kemudahan yang diberikan untuk masyarakat demi mencapai masyarakat yang sehat dan sejahtera.

Contoh Karangan Eksposisi 3

Judul:   Bersama wujudkan lingkungan yang asri

Banyak sekali hal yang dapat dilakukan untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan asri. Jika lingkungan bersih maka akan terlihat asri jika keduanya sudah terwujud maka lingkungan yang sehat dengan sendirinnya juga terwujud. Memang tidak mudah menempuh hal tersebut karena dibutuhkan kemauan dari semua anggota masyarakat. Ada berbagai bentuk kegiatan untuk mencapai lingkungan yang bersih dan asri antara lain adalah dengan mengadakan gotong royong, kerja bakti dan bentuk kegiatan lain seperti menanam pohon masal atau yang sejenisnya. Semuanya tergantung dari seberapa besar kemauan yang ada dalam masyarakat itu sendiri. Namun biasanya dibutuhkan kordinator yang mau bertanggung jawab dan mengatur kegiatan-kegiatan tersebut.

Gotong royong dan kerja bakti pada dasarnya merupakan bentuk kegiatan yang sudah sangat lama ada dan sangat lekat dengan bangsa Indonesia yang memiliki prinsip gotong royong. Bentuk dari kegiatan gotong royong dapat berupa pembuatan bak penampungan sampah ataupun WC umum dan sebagainya. Sedangkan untuk kerja bakti merupakan kegiatan bersih-bersih lingkungan yang dilakukan oleh seluruh anggota masyarakat tanpa terkecuali. Kerja bakti dapat dibuat terjadwal misalnya satu bulan sekali atau 2 bulan sekali tergantung dari kesepakatan bersama. Kerja bakti sangat efektif untuk menciptakan lingkungan yang bersih karena prinsip gotong royong itu sendiri. Selain itu gotong royong dan kerja bakti juga bertujuan untuk mempererat tali persaudaraan antar masyarakat lingkungan.

Prinsip gotong royong juga dapat diterapkan dalam bentuk kegiatan yang memprioritaskan kebersihan dan keasrian lingkungan seperti penanaman pohon masal, pembuatan toilet umum, serta kegiatan lainnya. Penanaman pohon saat ini sedang gencar dilakukan dalam rangka melakukan penghijauan kembali karena hutan yang tersisa sudah tidak seperti 20 tahun lalu. Selain itu pembuatan toilet umum juga berguna sangat besar bagi masyarakat karena ketika musim kemarau biasanya masyarakat kekurangan air sehingga kesulitan untuk melakukan mandi, cuci dan kakus. Oleh karena itu dengan adanya toilet umum yang dilengkapi dengan pompa air dapat memberikan kenyamanan pada masyarakat setempat. Jika terdapat kesulitan modal maka pemerintah dapat membantu dengan mengajukan proposal yang diajukan secara sistematis ke dinas terkait.


Baru saja kita simak artikel tentang Contoh Karangan Eksposisi Tentang Kesehatan dan Lingkungan. Jika anda belum mengerti tentang paragraf eksposisi maka dapat membacanya juga. Sampai jumpa dan salam sukses selalu.

0 Response to "3 Contoh Karangan Eksposisi Tentang Kesehatan dan Lingkungan Terbaru"

Post a Comment