Pengertian dan Macam-macam Contoh Paragraf Eksposisi Terlengkap | BAHASA INDONESIAKU Pengertian dan Macam-macam Contoh Paragraf Eksposisi Terlengkap | BAHASA INDONESIAKU

Pengertian dan Macam-macam Contoh Paragraf Eksposisi Terlengkap

Pengertian dan Macam-macam Contoh Paragraf Eksposisi Terlengkap
Pengertian dan Macam-macam Contoh Paragraf Eksposisi


Paragraf Eksposisi

Mengenal Bahasa Indonesia secara mendalam memang tidaklah mudah. Di dalam Bahasa Indonesia terdapat banyak sekali aspek yang harus dipelajari dengan sungguh-sungguh. Nah untuk itu maka kali ini admin akan menjelaskan kepada sobat-sobat tentang Pengertian dan Contoh Paragraf Eksposisi.

Paragraf eksposisi merupakan jenis paragraf yang memiliki tujuan untuk memberikan informasi kepada pembaca secara jelas. Terdapat beberapa jenis dari paragraf eksposisi antara lain, Paragraf eksposisi pertentangan, perbandingan, klasifikasi, ilustrasi, definisi, proses,dan laporan. Mari kita bahas satu persatu jenis-jenis tersebut dibawah ini.

1.   Eksposisi Perbandingan

Eksposisi perbandingan adalah paragraf yang berisi tentang perbandingan dua objek yang bersifat konkret. Namun tidak memihak pada salah satu objek tertentu.

Contoh:

Pantai Krui yang terletak di Kabupaten Pesisir Barat Propinsi Lampung merupakan salah satu pantai terbaik di Indonesia. Pemandangan dan ombaknya tidak kalah dengan Pantai Kuta, Bali. Turis asing banyak yang menganggap bahwa ombak di Pantai Krui lebih menantang ketimbang ombak di Pantai Kuta untuk melakukan olahraga surfing. Selain itu pemandangan dan kebersihan pantai ini masih sangat asri karena belum banyak wisatawan yang tahu. Jarak menuju pantai juga sangat jauh, sekitar 80-90 km dari ibukota Propinsi Bandar Lampung. Meskipun demikian, Pantai Krui dan Pantai Kuta tetap dianggap dua pantai terbaik di Indonesia untuk olahraga surfing.

2.   Eksposisi Laporan

Eksposisi Laporan merupakan jenis paragraf eksposisi yang menyajikan laporan maupun berita-berita kepada pembaca.

Contoh:

Penurunan produksi kedelai nasional diakibatkan penurunan luas lahan penanaman kedelai, rendahnya produktivitas kedelai di tingkat petani lokal yang hanya mencapai 13,78 ku/ha, sedangkan potensi produktivitas kedelai unggul dapat mencapai 20 - 30 ku/ha, serta adanya persaingan harga antar komoditi lokal dengan komoditi impor yang harganya lebih murah sehingga petani kurang berminat menanam kedelai. Dengan demikian diperlukan usaha peningkatan produksi kedelai nasional baik melalui ekstensifikasi maupun intensifikasi.

3.   Eksposisi Definisi

Eksposisi Definisi merupakan paragraf eksposisi yang gagasan utamanya merupakan definisi dari suatu hal yang diangkat pada paragraf tersebut.

Contoh:

Google adalah salah satu search engine terbaik saat ini yang menyajikan informasi apapun yang dibutuhkan oleh pengguna internet. Pelayanan pengguna menjadi hal yang sangat diutamakan oleh Google. Oleh karena itu google selalu mengupdate search engine demi memberikan kenyamanan lebih untuk pengguna internet di dunia. Produk yang telah diluncurkan google juga banyak sekali misalnya saja google play, google map, google translate dan masih banyak lagi. Hal tersebut dilakukan agar memudahkan orang-orang di era modern saat ini.

4.   Eksposisi Proses

Paragraf Eksposisi Proses merupakan jenis paragraf yang gagasan utamanya memuat tentang proses suatu peristiwa maupun proses membuat sesuatu.

Contoh:

Gerhana bulan adalah peristiwa ketika bulan tertutup penuh oleh bayangan bumi. Proses ini terjadi ketika bulan sedang beroposisi dengan matahari. Namun tidak setiap oposisi bulan dengan matahari selalu menghasilkan gerhana bulan dan yang menghasilkan gerhana bulan adalah ketika kemiringan bidang orbit bulan terhadap ekliptika sebesar 5 derajat. Perpotongan orbit bulan dengan bidang ekliptika akan menghasilkan node atau titik potong. Gerhana bulan akan terjadi apabila bulan beropososo dengan node tersebut

5.   Eksposisi Klasifikasi

Eksposisi klasifikasi adalah paragraf eksposisi yang gagasan utamany berupa pengelompokan suatu objek tertentu.

Contoh:

Seperti yang kita ketahui Narkotika/Narkoba merupakan obat-obatan dan zat adiktif yang sangat berbahaya jika disalah gunakan dan jenisnya cukup banyak sekali. NAPZA adalah pembagian secara umum dari zat terlarang tersebut antara lain Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif. Golongan darkotika yang sering disalah gunakan adalah morfin, heroin, petidin, kokain, ganja dan hashis. Untuk golongan psikotropika antara lain amfetamin, ekstasi, shabu, obat penenang seperti mogadon, rohypnol, dumolid, lexotan, pil koplo, BK, termasuk LSD, Mushroom. Sedangkan zat adiktif yang banyak disalah gunakan antara lain alkohol/etanol atau metanol, tembakau, gas yang dihirup (inhalansia) maupun zat pelarut (solven). 

6.   Eksposisi Pertentangan

Hampir sama dengan paragraf eksposisi perbandingan. Pada paragraf eksposisi pertentangan di dalamnya membahas tentang perbandingan antara dua hal atau objek namun lebih menitik beratkan pada salah satu objeknya.

Contoh:

Film-film produksi negara-negara seperti amerika merupakan film yang sangat laku dipasaran karena kualitas yang baik dalam berbagai hal ketimbang film-film produksi Indonesia. Indonesia memang telah melahirkan beberapa film yang go to international namun tetap saja sangat sulit untuk bersaing dengan film-film hollywood. Dana yang digelontorkan rumah produksi di Amerika mencapai jutaan dollar sangat berbeda dengan rumah produksi Indonesia karena memang lemah secara finansialnya. Hal tersebut menunjukan bahwa film Indonesia masih belum bisa bersaing dengan film-film Amerika dalam berbagai hal.

Nah itulah sobat artikel tentang contoh paragraf eksposisi yang dapat menjadi tambahan ilmu baru bagi sobat-sobat. Sampai jumpa pada kesempatan lainnya yang tentunya dengan pembahasan yang lebih menarik lagi!

0 Response to "Pengertian dan Macam-macam Contoh Paragraf Eksposisi Terlengkap"

Post a Comment