Contoh Teks Ulasan Terbaik Film Habibie dan Ainun | BAHASA INDONESIAKU Contoh Teks Ulasan Terbaik Film Habibie dan Ainun | BAHASA INDONESIAKU

Contoh Teks Ulasan Terbaik Film Habibie dan Ainun

Contoh Teks Ulasan Terbaik Film Habibie dan Ainun
Contoh Teks Ulasan Film Habibie dan Ainun - Film Habibie dan ainun adalah sebuah film yang mengadaptasi buku karangan Bapak Habibie yang juga berjudul sama. Cerita ini diambil dari kisah hidup beliau dengan sang istri yang dianggap sebagai salah satu kisah cinta terbaik sepanjang masa. 

Jika sobat belum menonton filmnya apalagi belum membaca bukunya maka pada pertemuan kali ini admin akan mengupas tuntas semuanya karena pada perjumpaan kali ini admin akan membahas tentang contoh teks ulasan tentang film Habibie dan Ainun.
Baca Juga: Contoh Teks Ulasan dan Struktur Film 5 cm

Pengertian Teks Ulasan

Teks ulasan adalah teks yang mengulas tentang suatu buku, film, novel, dan sebagainya yang bertujuan untuk memberikan informasi kepada pembaca untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari karya tersebut. Teks ulasan yang berupa ulasan film merupakan yang paling banyak dicari oleh karena itu admin kali ini  akan membahas tentang suatu film terbaik yang pernah ada di Indonesia.
Baca Juga: Contoh Teks Ulasan Film Laskar Pelangi Terbaik

Struktur Teks Ulasan

Struktur ulasan dibagi menjadi beberapa bagian yang dipisahkan dalam bentuk paragraf. Adapun pembagian tersebut akan dibahas di bawah ini.

1.   Orientasi

Pada bagian ini yang akan dibahas adalah gambaran secara umum dari sebuah karya tersebut baik itu produser, pemeran, penulis, judul, dan sebagainya.

2.   Tafsiran

Pada bagian ini berisi tentang pandangan terhadap karya yang akan diulas baik itu dari segi kelebihan dan kekurangan, kesan-kesan, pengalaman, dan alur singkat cerita tersebut.

3.   Evaluasi

Bagian evaluasi merupakan bagian yang berisi tentang tinjauan karya tersebut dari berbagai aspek seperti teknik pernulisan, tema, latar tempat, teknik pengambilan gambar, serta proses produksinya sendiri.

4.   Rangkuman

Pada bagian yang terakhir ini penulis merangkum semua aspek yang akan dijadikan sebagai bahan rekomendasi untuk pembaca serta saran dan pesannya.

Contoh Teks Ulasan Film Habibie dan Ainun

Film Habibie dan Ainun merupakan sebuah film otobiografi yang diadaptasi dari buku yang ditulis langsung oleh Bapak BJ. Habibie untuk mengenang almarhumah istrinya Ibu Ainun. Film ini di sutradarai oleh salah satu sutradara hebat Indonesia yaitu Hanung Bramantyo yang sudah menghasilkan banyak karya-karya terbaik asli film Indonesia. Film ini dibintangi oleh Reza Rahardian dan Bunga Citra Lestari sebagai Habibie dan Ainun dan juga Tio Pakusadewo yang memerankan tokoh Presiden Soeharto. Film yang berdurasi 2 jam ini berhasil menghipnotis penontonnya dengan penggabungan tema romansa cinta dan semangat nasionalisme.

Perjalanan cinta Habibie dan Ainun dinilai merupakan salah satu kisah cinta terbaik yang pernah ada di dunia. Film ini mengajarkan kepada penonton akan pentingnya kesetiaan yang digambarkan oleh sosok Habibie dan Ainun. Sikap nasionalisme, kerja keras dan semangat membangun bangsa semua di rangkum menjadi suatu kesatuan yang sangat baik. Semangat me Bahkan Bapak SBY dan Ibu Ani Yudhoyono sampai meneteskan air mata ketika menonton pemutaran perdana film ini. Namun sangat disesali film sebagus ini harus dirusak dengan iklan produk yang diletakan secara tidak estetis. Meski kehadiran produk-produk iklan tersebut hanya ada sekian detik di dalam cerita, namun tetap saja rasanya tak elok jika film sebaik ini harus dikotori oleh produk iklan tersebut.

Tahun 1962 Habibie dan Ainun yang merupakan kawan SMP bertemu kembali di Kota Bandung. Pada waktu itu seketika Habibie jatuh cinta kepada Ainun. Cinta Habibie tersebut dibalas manis oleh Ainun. Akhirnya mereka menikah dan terbang ke Jerman. Iman Ainun kepada visi misi sang suami lah yang membuat Ainun tulus untuk selalu mendampingi sang suami. Banyak rintangan yang mereka lalui agar mimpi mereka bisa tercapai. Godaan akan harta dan kekuasaan pun mengiringi langkah mereka ketika kembali ke tanah air. Bagi Habibie, Ainun adalah mata untuk melihat hidupnya. Bagi Ainun, Habibie adalah sosok yang mengisi kasih dalam hatinya. Namun pada akhirnya setiap kisah pasti memiliki akhir dan setiap mimpi yang ingin di capai pasti ada batasnya.

Film ini sangat layak untuk ditonton karena di dalamnya terdapat banyak sekali pelajaran yang dapat diambil. Kisah cinta yang nyata, ketulusan, pengorbanan, rasa sakit, serta kesetiaan mewarnai alur film ini dari awal hingga akhir. Meskipun film ini sudah tayang tahun 2012, film ini masih sangat layak untuk ditonton karena isi dan makna cerita merupakan pelajaran hidup yang nyata dan akan selamanya menjadi sebuah kisah cinta terbaik sepanjang masa.


Nah itulah sobat Contoh teks ulasan tentang film habibie dan ainun. Semoga dapat bermanfaat dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya yang lebih menarik lagi.

1 Response to "Contoh Teks Ulasan Terbaik Film Habibie dan Ainun"

  1. Terima kasih, penjelasannya tentang teks ulasan disini lengkap banget.

    ReplyDelete