Pengertian dan Macam-macam Metode Pidato Terlengkap | BAHASA INDONESIAKU Pengertian dan Macam-macam Metode Pidato Terlengkap | BAHASA INDONESIAKU

Pengertian dan Macam-macam Metode Pidato Terlengkap

Pengertian dan Macam-macam Metode Pidato Terlengkap

Pengertian dan Macam-macam Metode Pidato Terlengkap - Hai sobat setia bimbelbahasaindonesia.com, kembali lagi berjumpa dengan admin, Nah pada pertemuan kali ini admin masih akan membahas tentang pidato. Jika pada pertemuan sebelumnya admin telah membahas tentang pidato tentang perpisahan, maka kali ini admin akan membahas tentang cara membawakan pidato atau lebih tepatnya metode-metode dalam membacakan atau membawakan pidato. Sebelum kita membahas lebih jauh, alangkah baiknya jika seobat mengerti terlebih dahulu tentang pengertian dari pidato sendiri. 

Pengertian Pidato

Pidato adalah kegiatan berbicara di depan umum atau di depan orang banyak untuk berorasi ataupun mengutarakan pendapatnya dan memberikan gambaran-gambaran tentang sesuatu hal yang sedang dibahas. Pidato dibawakan oleh seseorang yang diperkenankan untuk memberikan orasinya kepada para pendengar tentang hal-hal yang patut dibahas.

Metode Pidato

Ada berbagai metode berbicara atau berpidato yang dapat digunakan pada saat berhadapan dengan khalayak. Hal ini tentu berkaitan dengan tujuan yang diinginkan setelah memberikan pidato. Apakah memberikan dorongan atau motivasi, mempengaruhi, ataupun mengharapkan pendengar melakukan sesuatu. Adapun macam-macam metode berpidato antara lain sebagai berikut:

1.   Metode Impromtu

Dengan menggunakan metode ini, seseorang berpidato hanya karena tuntutan sesaat. Oleh karena itu, pidato dilakukan tanpa persiapan terlebih dahulu dan hanya mengandalkan pengetahuan yang dikuasainya atau kemahirannya dalam berbicara semata.

2.   Metode Menghafal

Metode menghafal adalah metode berpidato yang dilakukan dengan cara merencanakan semua yang akan disampaikan dalam pidato dengan menulis teks pidato lalu menghafal dan mempelajarinya. Materi bisa tersampaikan dengan baik dengan menggunakan metode ini karena semuanya telah terencana, namun akan sangat membosankan dan tidak menarik. Selain itu resiko terbesarnya adalah lupa.

3.   Metode Ekstemporan

Dalam metode ini, uraian yang akan disampaikan telah dipersiapkan sedemikian rupa yang berupa catatan-catatan penting yang sekaligus menjadi urutan dalam penyampaian hal yang akan disampaikan. Kata-kata yang digunakan dalam metode ini tidak terikat dan dapat lebih fleksibel dan bervariasi.

4.   Metode Naskah

Sama halnya dengan metode menghafal, pada metode ini semua materi telah dipersiapkan dalam bentuk teks yang ditulis di kertas. Perbedaannya teks atau naskah tidak dihafalkan melainkan hanya dijadikan sebagai pegangan ketika lupa. Dalam metode ini kepiawaian pembicara sangat diandalkan untuk memberikan tekanan pada kata, frasa, atau kalimat dan variasi suara sangat penting untuk menghidupkan pidato karena mata pembicara lebih banyak tertuju pada teks.

Berdasarkan keempat metode tersebut, membaca nyaring merupakan hal yang sangat penting dan erat kaitannya dengan salah satu metode, yaitu  metode naskah. Orator atau orang yang membaca pidato bukan hanya harus pandai membaca pidato namun juga harus cerdas dalam mengkomunikasikan gagasan-gagasan yang terdapat di balik kata-kata dan kalimat dalam teks kepada pendengar. Oleh karena itu, diperlukan kemampuan dalam mengubah-ubah nada suara dan tekanan sehingga pendengar tidak hanya sedang melihat orang membaca.

Itulah sobat pembahasan tentang pengertian dan macam-macam metode pidato yang telah admin paparkan secarfa lengkap pada uraian diatas. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan semoga sukses.

0 Response to "Pengertian dan Macam-macam Metode Pidato Terlengkap"

Post a Comment