Penjelasan Struktur Teks Eksposisi dan Contohnya Lengkap | BAHASA INDONESIAKU Penjelasan Struktur Teks Eksposisi dan Contohnya Lengkap | BAHASA INDONESIAKU

Penjelasan Struktur Teks Eksposisi dan Contohnya Lengkap

Penjelasan Struktur Teks Eksposisi dan Contohnya Lengkap

Penjelasan Struktur Teks Eksposisi dan Contohnya - Teks eksposisi adalah bentuk teks yang di dalamnya terdapat pemaparan serta penjelasan tentang suatu hal yang menjadi topik pembicaraan. Penjelasan pada teks eksposisi dijabarkan secara jelas, singkat dan berisi. Teks eksposisi memiliki struktur pembentuk yang ada di dalamnya. Oleh karena itu dalam membuat teks eksposisi penulis harus mengerti terlebih dahulu tentang struktur teksnya sebab jika tidak terdapat struktur teks eksposisinya maka teks tersebut tidak dapat dikatakan teks eksposisi.

Struktur Teks Eksposisi

Pada dasarnya terdapat beberapa unsur penyusun teks eksposisi antara lain tesis, argumentasi dan penegasan ulang pendapat. Untuk lebih memahaminya mari lihat penjelasanya dibawah ini.

1.   Tesis
Tesis merupakan bagian awal dari struktur teks eksposisi yang isinya berupa sudut pandang ataupun pendapat penulis pada masalah yang diangkat. Tesis ini nantinya akan diperkuat dengan adanya argumentasi untuk memberikan pemahaman kepada pembaca. Pada teks eksposisi tesis disebutkan dibagian awal dan pada bagian akhir kembali dijelaskan berupa penegesan ulang dari masalah yang diangkat pada tesis.

2.   Argumentasi 
Argumentasi berisi tentang penjelasan secara lebih mendalam dari pernyataan pendapat (tesis) yang kebenarannya diakui oleh penulis melalui fakta-fakta yang terdapat pada argumen ini. Argumentasi terletak setelah tesis ditandai dengan pernyataan-pernyataan penulis tentang topik yang diangkat.

3.   Penegasan Ulang
Penegasan ulang berupa penjelasan kembali atas tesis yang telah disampaikan yang  didasarkan pada fakta-fakta yang telah dijabarkan penulis pada argumentasi. Penegasan ulang biasanya terdapat pada bagian akhir teks eksposisi. 

Contoh Struktur Teks Eksposisi

  1. Harga jual kedelai yang rendah membuat banyak petani kedelai yang beralih ke komoditi lain, misalnya saja di Kecamatan Raman Utara Kabupaten Lampung Timur yang sebagian petaninya berpindah untuk menanam komoditi padi, ubi kayu dan singkong, yang dianggap lebih menguntungkan dari pada budidaya kedelai yang harganya sangat rendah.
  2. Saat ini pemerintah telah mencangkan program wajib belajar 12 tahun agar generasi muda dapat lebih baik lagi, hal ini karena pendidikan yang diterima anak-anak di Indonesia dianggap tidak merata seperti di daerah terpencil maupun perbatasan, tentu saja dengan adanya program wajib belajar 12 tahun nantinya akan terbentuk generasi muda yang dapat diharapkan dapat menjadi penerus bangsa Indonesia.
  3. Tahun 2015 merupakan tahun yang menjadi permulaan yang baik bagi bangsa Indonesia seperti dibangunnya infrastruktur di berbagai daerah hingga mencakup daerah terpencil, tentunya hal ini dapat meratakan pembangunan di dalam negeri yang kita tahu selama ini tidak merata.

Nah itulah sobat penjelasan struktur teks eksposisi beserta contoh yang mungkin dapat membantu sobat untuk mengetahui lebih dalam tentang Bahasa Indonesia. Sampai jumpa dan semoga sukses!

0 Response to "Penjelasan Struktur Teks Eksposisi dan Contohnya Lengkap"

Post a Comment