Pengertian, Cara Membuat, Jenis dan 14 Contoh Poster Terlengkap | BAHASA INDONESIAKU Pengertian, Cara Membuat, Jenis dan 14 Contoh Poster Terlengkap | BAHASA INDONESIAKU

Pengertian, Cara Membuat, Jenis dan 14 Contoh Poster Terlengkap

Pengertian Poster beserta Jenis dan Contohnya Terlengkap - Dalam kehidupan sehari - hari kata poster pasti sudah tak asing lagi ditelinga kita. Tapi apa sih sebenarnya pengertian poster itu? Nah pada pertemuan kali ini BBI akan membahas materi tentang poster. Mari kita kupas tuntas materi poster berikut ini.

Pengertian Poster

Poster adalah media publikasi untuk memberikan informasi kepada masyarakat umum. Poster terdiri dari tulisan, gambar atau penggabungan dari keduanya. Poster dapat dijumpai di berbagai tempat umum karena tujuan utama poster adalah berupa ajakan. Selain itu juga poster biasanya dibuat semenarik mungkin misalnya dengan menggunakan background berukuran besar ataupun warna yang mencolok. Hal ini untuk menarik perhatian orang banyak sehingga maksud dari poster dapat cepat tersampaikan.

Sedangkan menurut Wikipedia Bahasa Indonesia, Poster adalah desain grafis ataupun karya seni yang memuat gambar dan huruf diatas kertas berukuran besar. Pemasangannya dengan ditempel di dinding atau permukaan datar lainnya dengan tujuan untuk mencari perhatian mata masyarakat sekuat mungkin.

Cara Membuat Poster

Pada prosesnya membuat poster membutuhkan kemampuan khusus diluar kemampuan untuk menata desain. Akan tetapi membuat poster lebih tentang menggabungkan ide dengan kemampuan desain. Pada penjelasan ini kita hanya akan membahas cara membuat poster secara konseptual. Simak penjelasannya berikut ini.

1. Menentukan Topik dan Tujuan
Menentukan topik adalah hal pokok dalam membuat poster karena apabila tanpa topik maka tak akan ada poster. Topik poster adalah apa yang ingin diutarakan pada poster yang akan dibuat. Topik poster dapat berupa poster niaga, politik, pendidikan, kesehatan dan sebagainya. 
Setelah topik ditentukan maka langkah selanjutnya menentukan tujuan dari poster tersebut. Sebuah poster yang ditujukan untuk pemasaran tentu berbeda dengan poster yang dibuat dengan maksud untuk sosialisasi.

2. Buatlah Kalimat Singkat dan Bersifat Mengajak Ataupun Mempengaruhi
Kalimat yang singkat dinilai lebih efektif untuk digunakan dalam kalimat poster. Kalimat yang singkat dapat dengan mudah dibaca, apalagi jika poster terdapat di tempat umum, tempat semua orang berlalu lalang maka orang dapat dengan mudah untuk membacanya. Selain itu buat kalimat poster tersebut mengandung pengaruh bagi pembacanya atau dengan kata lain bersifat sugestif. Orang lebih suka dengan kalimat yang memotivasi dan membuat penasaran. Oleh karena itu gunakan peluang ini untuk membuat kalimat poster.

3. Menggunakan Gambar yang Tepat
Penggunaan gambar adalah hal yang sangat penting di dalam poster karena dengan menggunakan gambar orang akan mudah untuk mengerti maksud dari poster yang dilihatnya. Penggunaan gambar harus tepat karena apabila gambar yang digunakan tidak tepat maka akan terjadi ktidak sinambungan antara gambar dan teks poster. Gambar yang digunakan juga lebih baik digunakan gambar yang sederhana dan mewakili maksud dari poster tersebut.

4. Tempatkan Poster di Tempat yang Tepat
Penempatan poster adalah hal terakhir yang harus dilakukan ketika poster sudah berhasil dibuat. Poster yang ditempatkan dipersimpangan jalan tentunya akan lebih banyak dilihat ketimbang poster yang ditempatkan di gang - gang sempit. Oleh karena itu, tempatkan lah poster pada tempat yang orang mudah untuk melihatnya.

Jenis - Jenis Poster

Poster pada dasarnya dibagi menjadi dua macam yaitu jenis poster berdasarkan isi dan berdasarkan tujuan. 

a. Jenis Poster Berdasarkan Isinya

1. Poster Niaga
Poster niaga adalah jenis poster yang paling sering ditemui. Poster niaga adalah poster yang bertujuan untuk menawarkan suatu produk dari suatu perusahaan. Poster niaga biasanya dibuat dengan sangat kreatif dan membuat penasaran orang yang melihatnya.


2. Poster Kegiatan
Poster kegiatan adalah poster yang dibuat dengan tujuan untuk mempromosikan suatu kegiatan yang akan digunakan kepada masyarakat umum. Hal ini bertujuan untuk menarik peserta ataupun penonton untuk ikut turut serta dalam kegiatan tersebut.


3. Poster Pendidikan
Sesuai dengan namanya, poster pendidikan adalah poster yang memiliki topik utama tentang pendidikan. Poster pendidikan biasanya bertujuan untuk mensosialisasikan suatu program kepada masyarakat luas. Seperti wajib belajar 9 tahun, jam belajar nasional, dan lain sebagainya.


4. Poster Layanan Masyarakat
Poster layanan masyarakat adalah poster yang digunakan untuk mensosialisasikan suatu program pemerintah kepada masyarakat. Hal ini bertujuan agar mempermudah untuk menjangkau masyarakat dan sebagai sarana pemberi informasi yang efektif.


b. Jenis Poster Berdasarkan Tujuannya

1. Poster Propaganda
Poster propaganda bertujuan untuk mengembalikan semangat orang banyak atas perjuangan ataupun usaha seseorang untuk melakukan hal yang bermanfaat bagi kehidupan.


2. Poster Kampanye
Poster kampanye adalah poster yang ditujukan untuk kepentingan politik seseorang dalam pemiliihan umum.


3. Poster Film
Poster film digunakan untu mempromosikan suatu film


4. Poster Kartun
Poster kartun adalah poster yang digunakan untuk mempromosikan buku, komik ataupun film kartun.


5. Poster Wanted atau Dicari
Poster wanted adalah poster yang digunakan untuk memberikan informasi kepada orang banyak tentang pencarian orang yang melakukan tindak kriminal.


6. Poster Cheese Cake
Poster cheese cake adalah poster yang digunakan untuk menarik perhatian publik seperti bintang rock, penyanyi dan sebagainya.


7. Poster Riset
Poster riset merupakan poster yang digunakan untuk mempromosikan berbagai kegiatan riset sehingga dapat mengundang para akademisi untuk ikut andil dalam kegiatan tersebut.


8. Poster Kelas


Poster kelas adalah poster yang terdapat di dalam kelas - kelas sekolah yang bertujuan untuk memotivasi siswa agar lebih giat dalam belajar ataupun yang lainnya.

9. Poster Komersil
Poster komersil adalah poster yang digunakan untuk kepentingan komersil atau dengan kata lain hampir sama dengan poster niaga.


10. Poster Afirmasi
Poster afirmasi adalah poster yang berisi tentang berbagai motivasi seperti kepemimpinan, kedisiplinan dan sebagainya.


Nah demikian sobat telah kita simak bersama - sama artikel tentang Pengertian, Cara Membuat, Jenis dan 10 Contoh Poster Terlengkap. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan sobat pembaca tentang Bahasa Indonesia. 

0 Response to "Pengertian, Cara Membuat, Jenis dan 14 Contoh Poster Terlengkap"

Post a Comment